Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Mengobati Jerawat Dengan Daun Ketepeng


obat jerawat
Daun Ketepeng
Jerawat itu ya kalau sudah nempel bikin kesel. Siapa sih yang mau wajahnya ditempelin dengan sesuatu yang membuat penampilan ga kece.

Ketepeng cina adalah sejenis tanaman perdu yang katanya berasal dari Amerika. Tumbuhan ini bisa hidup dimana saja. Aku pernah melihat dia tumbuh di daerah kering maupun basah. Walau kalau di daerah kami tanaman ini biasanya tumbuh di rawa-rawa. Ntah bagaimana penyebarannya di Indonesia, yang jelas setahuku tanaman ini ada dimana-mana. Hanya saja penyebutannya yang berbeda. Kalau bahasa Indonesianya kan ketepeng, nah daerah-daerah Indonesia punya panggilan sendiri untuk ketepeng ini.

Orang Melayu memanggilnya gelenggang, Paser menyebutnya gelinggang, Busang memanggilnya ura'kap, Sunda menyebutnya ki manila, Jawa mengenalnya dengan nama ketepeng cina, Madura acon-aconan, di Halamahera Utara haya mara, tabankun di Tidore, kupang-kupang di Ternate, ada pula yang menyebutnya daun kupang, daun kurap (karena untuk obat kurap), ketepeng, kupang-kupang, ketepang badak, ketepeng kebo, saya mara. Sedangkan kalau kami menyebutnya gelinggang, sama dengan panggilan paser ya sepertinya.

Dari dulu ketepeng memang sering digunakan untuk beragam pengobatan, terutama pengobatan penyakit kulit. Sudah banyak yang tahu kalau ketepeng sangat ampuh untuk mengusir panu dan kurap. Tinggal oleskan hasil gilingan ketepeng ke kulit secara rutin

Lalu bagaimana dengan jerawat?

Iyup, ketepeng sangat bisa digunakan untuk obat jerawat lho.

Aku menuliskan hal ini berdasarkan pengalamanku dulu. seperti sudah pernah aku singgung di tulisan sebelumnya. Aku adalah seorang pemilik kulit sensitif, jadi memang agak rawan terkena yang namanya jerawat. Ketepeng adalah pengobatan tradisional yang aku coba dan berhasil.

Caranya?

1. Caranya ambil daun ketepeng lalu cuci bersih.
2. Giling daun ketepeng yang sudah dicuci, sisihkan.
3. Bersihkan wajah dengan air bersih lalu keringkan.
4. Tempel hasil gilingan daun ketepeng ke.
5. Tunggu sampai tempelan sudah berasa kering.
5. Lakukan hal ini secara rutin sampai jerawat sembuh.

Bagaimana reaksi kulit saat ditempel gilingan daun ketepeng?

Pertanyaan bagus nih para pembaca. Sebelum kalian mencoba menempelkan daun ketepeng di wajah kalian perlu tahu bahwa kulit yang ditempel daun ketepeng biasanya berasa panas. Untuk yang punya kulit putih kemerahan ini akan tampak sedikit lebih buruk, karena kulit yang berasa panas akan memerah. Bisa dibilang sangat merah, karena aku ingat dulu sampai dikomentari oleh teman-teman di kampus.

Selain itu daun ketepeng akan membuat wajah sedikit hijau, ini dikarenakan zat hijau di daunnya yang begitu pekat. Ingat dulu wajahku sudah merah padam hijau pula. Teman-teman sampai bilang kalau wajahku mengarah ke hitam lho. Jadi kalau sudah menempelkan gilingan daun ketepeng di wajah baiknya dibersihkan dengan air hangat.

Satu lagi, penempelan daun ketepeng ini akan membuat kulit kita mengelupas. Jadi terasa agak perih gitu. Itu kalau di kulitku lho ya, mungkin jenis kulit lain akan merasakan hal yang berbeda.

Silahkan mencoba resep ini, semoga cepat cantik :)
QuickEdit

You Might Also Like

3 comments:

  1. Di sini nggak ada daun ketepeng, makasih infonya, jerawat membandel memang mengganggu

    ReplyDelete
  2. wah. baru tau ada namanya daun ketepeng. sebagai orang sunda, saya pun gatau ada namanya ki manila haha. mungkin daunnya sering liat ya. cuma gatau nama.
    akupun demikian, kulit sensitif sering jerawatan juga. kalau ga pake obat jerawat ya aku pake bawang putih huhu.
    terima kasih infonya. kalqu ketemu sama daun ini mau coba juga ah ngeraciknya

    ReplyDelete
  3. Wah..bisa obat Jerawat juga ya.., tapi setahuku untuk obat jamur semacam jamur dan kurap...dan katanya bisa bikin kulit gosong...

    Waspada kalau dipakai di wajah...hati2 aja..

    ReplyDelete

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/pita.oranye) (twitter=https://mobile.twitter.com/ArlindaZefy) (instagram=https://www.instagram.com/zarlindazeze/)