Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Namanya Buah Sali




Pernah lihat buah di atas?

Buah bulat hitam ini rasanya asam manis segar. Buah akan terasa lebih manis kalau sudah hitam sempurna, kalau buahnya masih merah maka rasanya akan asam sepat. Mata biasanya akan terpejam saat mencicip buah yang belum terlalu masak. Oh iya, kalau kami di Bengkulu menyebutnya buah Sali.

Waktu kecil buah ini mudah ditemukan dimana-mana. Biasanya dijual dalam takaran canting atau cupak, jarang yang menjual dalam kiloan. Sebagai penggemar buah Sali aku selalu membeli buah ini kalau ada yang menjual. Sekalian mengingat masa-masa lucu di SD, kami sering rebutan buah Sali lho. Aku dan teman-teman suka sekali dengan buah ini. kalau di SD dulu jualnya dalam hituangan buah. Kalau tak salah 20 buah harganya 50 rupiah gitu. Pokoknya favorit aku dan teman-teman saat ke kantin sekolah. jadi ingat sewaktu mbah yang jualan di kantin ngomel saat aku menawar harga buah salinya heheheee....

Dulu aku pernah bilang alau seharusnya harga buah Sali itu lebih murah, si mbah menjawab dengan ocehan panjang. Kalau dipikir sekarang sebenarnya memang harga yang diberikan oleh si mbah sudah murah. Dasar saja akunya yang pegang uang sedikit :D. Biasanya walau si mbah di kantin marah aku tetap membeli dan makan buah Sali bersama teman-teman saat jam istirahat.

Tapi sayang seiring berkambangnya zaman buah ini makin hilang di pasaran. Katanya sih peminatnya semakin berkurang dan batangnya juga semakin sedikit. Buah Sali memiliki batang yang besar dan harga buahnya tidak mahal. Jadi para pemilik batang Sali merasa tidak perlu mempertahankan pohon buah ini, sayang ya. Andai nanti aku punya tanah lebih rasanya mau membudidayakan buah ini. supaya bisa mengingat masa-masa indah di SD dulu. Siapa tahu juga nanti banyak yang cari dan mau beli buah saliku, bisa jadi juragan Sali ya.
*eh hehe

Kalian pernah cicip buah Sali ini? Suka kan?
Kalau di daerah kalian namanya apa?

QuickEdit

You Might Also Like

25 comments:

  1. Ini buah coppeng bukan ya? Yang enaknya dimakan dengan garam dan gula? Dimasukin di mangkok gitu terus diberi garam dan gula kemudian diguncang-guncang baru deh di makan? Yang ini bukan sih?

    ReplyDelete
  2. Dibilang buah manggis tapi ini kecil, dibilang buah salam, kebesaran. Keknya belum kenal dengan buah sali ini kak.

    ReplyDelete
  3. Ampun. Liat gambarnya aja sudah berasa asam di lidah. Teringat masa masa kecil suka makan itu.

    ReplyDelete
  4. Pernah. Aku tapi lupa namanya apa ditempatku.macam anggur kecil gitu kan ya

    ReplyDelete
  5. Suka mbak. Asem asem seger. Harganya murah lagi. Sekarang udah susah nih carinya huhuu

    ReplyDelete
  6. Aku baru dengar mbx. Asing dg buah itu.hehe.

    ReplyDelete
  7. Hmm,, sekilas aku lihat sih, hampir sama dengan Jombla (bukan Jomblo) alias Jambu hitam atau Jambu arang. Semoga ketika siap makan tidak mmebuat gigi berwarna gelap.Hehehee

    ReplyDelete
  8. Pernahhh dan sukaaaa... Pohonnya ada di tetangga rumah nenek haha

    ReplyDelete
  9. Buahnya mirip kaya anggur bukan sih mba? Dan waktu jaman dulu 50 rupiah ajaudh bersyukur banget ya mba tidak kaya skrng harus yg warna merah atau biru terusbklo mau jajan tinggal minta dlu

    ReplyDelete
  10. Pernah kayaknya, bener gk sih yang batang biasanya tumbuh di rerumputan. dan klo kita makan lidah kidah bisa jadi ungu juga?

    klo benar, waktu kecil kami sering banget makan buah ini. hehe

    ReplyDelete
  11. Kayaknya baru tau bentuk dan nama buah itu mbak. Unik ya.
    kalau ditanam di sebidang tanah kayak taman/ kebun kecil di teras gak bisa ya mbak?

    ReplyDelete
  12. Cukup menarik ya namanya buah Sali, bentuknya mirip buah anggur. Saya belum pernah mencobanya, seperti apa ya rasanya, manis atau asam?

    ReplyDelete
  13. Waaaa aku belum pwrnah makan ini. Kayanya ngga ada di twmpatku. Duh jadi penasaran. Lidah jadi ungu nih kayaknya ya. Aslikkk penasaran beudh

    ReplyDelete
  14. Kalau saya nyebutnya buah kupa, buah masa kecil, sekarang udah jarang banget bisa nemuin buah ini

    ReplyDelete
  15. Kaya pernah lihat pas main di sawah, tapi gak yakin juga. Di sini tukang buahnya blm ada yg jual buah itu sih Mbak

    ReplyDelete
  16. Saya belum pernah lihat buah Sali. Sayang sekali kalau sudah jarang di temukan. Kayaknya idenya boleh juga, deh, bertanam buah sali. Kalau sudah jarang, bisa dijual mahal hihihi

    ReplyDelete
  17. aku sudah pernah lihat sepertinya, tapi aku lupa sudah pernah makan apa belum hahaha... sayang sekali kalau sudah langka, harusnya anak-anak sekarang bisa mengenalnya..

    ReplyDelete
  18. Ini kayak buah khas betawi jg bkn ya. Yg mirip anggur. Aku sih pernah makan buah itu tapi rasanya sepet.. krg suka Aku

    ReplyDelete
  19. ini pohon duwet bukan ya mba?? soalnya sekilas bentuknya seperti buah buah duwet.. apa cuma beda penyebutan di setiap daerah ya? rasanya manis asam kayak anggur kalo udah item banget. tapi kalau masih muda sepet banget hehehe
    di jogja juga udah jarang banget ada buah ini

    ReplyDelete
  20. Belum pernah nyoba. Atau aku ga tau namanya ya. Aku taunya kaya anggur gitu deh

    ReplyDelete
  21. ASTAGAAAAA INI AKU SUKAAAA BANGEEEEEEEET. Rasanya kecut kecut bikin nagih wkwkwkw sekarang udah susah nyarinya.

    ReplyDelete
  22. Apa ini blackberry?
    Hihii...dijual yaa?
    Aku kira dulu ngambil di pohon kaya buah keres yang kecil-kecil warna merah ituuh...

    ReplyDelete
  23. Kayanya aku pernah ada juga sih di daerahku dan namanya lupa tapi, dulu juga pas SD dijual gitu. Wahaha 20 buah masih 50rupiah, jadi inget beli gorengan 50perak aja dapet dua ah senangnya XD

    ReplyDelete
  24. kalau aku bilangnya ini buah kupa mbak, asem seger, enak banget di rujak pakai cabe.. aduh jadi berliur lihatnya.. sekarang susah carinya kalau mau buah ini

    ReplyDelete
  25. Aku pernah lihat zef buah ini, tapi dulu nyebutnya apa ya, dulu jadi bahan waktu mainan masak masakan pas kecil

    ReplyDelete

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/pita.oranye) (twitter=https://mobile.twitter.com/ArlindaZefy) (instagram=https://www.instagram.com/zarlindazeze/)