Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Memanfaatkan gelas plastik bekas untuk pot sayuran


Memanfaatkan gelas bekas untuk pot sayuran

Apa kabar teman-teman dunia maya? Semoga semua dalam keadaan kece dan sehat selalu, aamiin. Kita hari ini akan ngomongin tentang Do It Yourself (DIY) yang dari gelas plastik. Untuk pertama-tama ada pertanyaan nih. Apa yang akan kalian lakukan dengan geas plastik bekas minuman dingin hayo...?

Kebanyakan orang akan membuang gelas plastik dari minuman dingin mereka. Syukur-syukur ditemukan para pemungut barang bekas dan akhirnya dapat termanfaatkan atau didaur ulang. Kalau berakhir di tong sampah dan masuk pembakaran kan sayang banget kan ya :(

Gelas plastik minuman dingin
Jadi apa yang kita bisa lakukan dengan gelas plastik bekas minuman kita agar tidak mubazir? Kita bisa memanfaatkannya dengan menyulapnya menjadi pot sayur, iyes.

Itu di atas ada minuman dingin yang belum dieksekusi oleh aku dan suami beberapa waktu yang lalu. Waktu itu kami jalan-jalan ke salah satu toko buku di Bengkulu. Usai dari toko buku aku merasa perlu bertemu dan mengeksekusi minuman dingin hehe....pak suami sih ikut saja. Jadilah kami memesan 2 gelas minuman dingin di sebuah toko makanan di sana.

Setelah minuman kami selesai dibuat dan aku eksekusi aku kok jadi sedih lihat gelas plastiknya. Gelasnya bagiku lumayan cantik dan bisa dijadikan pot sayur di rumah. Sayang kalau pot yang aku pegang tersebut jadi barang rongsokan dan akhirnya dibakar. Aku memutuskan untuk membawa gelas plastik itu pulang. Pak suami juga nanya, "Untuk apa gelasnya dibawa pulang?". Aku kasi senyum penuh makna dan bilang untuk berkreasi hehe..

Pas banget, pas di rumah ternyata aku ada bibit seledri yang harus dipisah dari induknya. Seledri itu kan sejenis sayuran yang jika ada anaknya dan anaknya sudah banyak maka harus dipisah. Kalau tidak dipisah antara induk dan anak seledri maka tanaman tersebut rawan mati perlahan. Ok, jadi kita akan menanam seledri. Hitung-hitung nanti kalau mau buat sayur sup ga perlu beli seledri, iyes.

Memanfaatkan gelas bekas untuk pot sayuran

Pertama-tama siapkan gelas plastik bekas yang sudah kosong isinya, bersihkan dan bolongi dengan pisau. Kita juga bisa membolongi gelas dengan paku. Tujuannya agar nanti sirkulasi udara dan air di gelas plastik akan lancar. Sirkulasi udara dan air yang lacar akan membuat sayuran tumbuh baik.

Lalu masukkan tanah ke dalam gelas plastik bekas yang sudah dibolongi tersebut. Kalau bisa gunakan tanah yang sudah ada campuran pupuk komposnya ya, agar tanaman kita cepat tumbuh subur.


Memanfaatkan gelas bekas untuk pot sayuran

Terakhir tanam sayuran yang sudah kita siapkan. Kalau aku yang ditanam ya daun seledri :)

Aku juga menancapkan pipet bekas minuman yang dibeli tadi ke dalam pot untuk menyangga sayur yang baru ditanam. Jangan lupa menyiram tananam sayur yang baru kita tanam. Sebelum tumbuh sempurna letakkan pot sayur tadi di tempat yang agak teduh agar tanaman tidak mati.

Memanfaatkan gelas bekas untuk pot sayuran

Selamat mencoba :)
QuickEdit

You Might Also Like

24 comments:

  1. kalau gelas bekas dirumah fira jadi tempat pensil dan benda2 kecil mbak. Habisnya plastik bekas thai tea semacamnya itu cantik ya sayang dibuang

    ReplyDelete
  2. Rajin bener ni mbknya, hihi
    Kreatif pula.

    ReplyDelete
  3. Aku juga pakai gelas bekas buat gantiin polibag. Pas udah gedhe baru deh dipindah. Kalau Kakak sepupuku jadiin lingkarannya buat tas

    ReplyDelete
  4. Rajin banget Mbak.aku lagi pingin praktek yang hidpronik nih. Bisa pakai botol bekas air mineral tapi yang besar

    ReplyDelete
  5. Kalo aku dijadiin wadah sendok.. hehe... mbk Ze rajin nanam kyknya... hehe

    ReplyDelete
  6. Hahaha ini kreatif. Aku mana pernah kepikiran bisa dijadiin pot tanaman begini

    ReplyDelete
  7. Gitu donk, manfaatkan secara maksimal. Baru sadar kalo pipetnya bergua juga ternyata hahaha

    ReplyDelete
  8. Ditunggu hasilnya Mbak, aku kurang suka berkebun tapi kalau sudah lihat hasil jadinya pasti mupeng. Hehe. Lanjutkan Mbak, ini mendukung aksi Hari Bumi yang dirayakan 22 April lalu.

    ReplyDelete
  9. Cantikkk kali. Mengurangi sampah juga dong ini. Semangat Mbazef :)

    ReplyDelete
  10. saya sering kumpulkan gelas spt ini
    tapi kadang udah terkumpul bingung tuk diapain
    akhirnya dibuang
    padahal bisa digunakan tuk pot ya
    duh betapa kurang kreatifnya sy selama ini

    ReplyDelete
  11. Kreatif mbak... Dari sampah menjadi pot yang bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Dulu waktu kecil, sering loh orangtuaku kayak gini, pas lagi bingung mau nyari polybag buat tanaman, kita bikin aja pakai botol bekas plastik. Benar-benar sih, mendaur ulang sampah itu perlu.

    ReplyDelete
  13. kreatif sekali. memanfaatkan sampah plastik menjadi hal yang lebih berguna. Bisa untuk bercocok tanam macam macam dan bisa mempercantik tampilan taman dan halaman. mantep banget ilmunya

    ReplyDelete
  14. Aku seringnya aku buang botol2 plastik itu. Hehehe. Ketahuan nih kalau diriku emak2 malas

    ReplyDelete
  15. Bisa dibuatkan gantungan juga mbak jadi tanamannya tergantung di dinding gitu 😊 gak ambil tempat juga jadinya.

    ReplyDelete
  16. Dan Anin seringnya beli minuman, buang plastiknya. Harus belajar untuk recycle sampah seperti mbak Zefy ini nih.

    ReplyDelete
  17. Ide DIY yang kreatif ini, mendaur ulang sampah plastik tempat minuman.

    ReplyDelete
  18. Di rumah gelas" plastik gini utk menyemai bibit tanaman misalnya tomat atau cabe gitu

    ReplyDelete
  19. Kudu rajin ini. Aku kadang ga sempat ngurusin taman yang cuma seuprit. Zee ke rumah Zee bantu beresin tanaman ��

    ReplyDelete
  20. Aku pengen kak minum.k drink. Enak yaaa. Apalagi kalo bareng bumil.

    Kalo berkebun kak peri aja dan, hahaha

    ReplyDelete
  21. Perlu belajar tanam menanam nih ama zefy
    Kalo diriku nih malas nian zef menanam haha

    ReplyDelete
  22. Bagus kak. sangat kreatif. Juga turut membantu pengurangan sampah yang tidak bisa diurani oleh tanah. O, ya kak....agar tanamannya tumbuh subur,,,coba kasih air leri (air cuci beras) 3 hari sekali. coba ya kak...salam.

    ReplyDelete
  23. bagus ini di letakkan di pinggiran rumah, kan jadi cantik. hehe

    ReplyDelete

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/pita.oranye) (twitter=https://mobile.twitter.com/ArlindaZefy) (instagram=https://www.instagram.com/zarlindazeze/)