Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Es kul kul



Es kul kul

Hayo siapa yang belum pernah makan yang namanya “es kul kul”. Ini adalah salah satu kenikmatan dunia yang sangat mudah dibuat lho.

Ingat masa-masa sekolah dulu, pulang sekolah aku selalu beli es kul kul. Makannya bareng dengan teman-teman, mereka masih ingat ga ya dengan momen itu,s emoga mereka ingat.

Oh iya, kalau mau buat sendiri es kul kul sangat mudah. Ada 2 versi es kul kul yang bisa kita buat. Pertama adalah es kul kul versi mahal karena menggunakan coklat batangan dan buah yang mahal-mahal hehe...versi kedua adalah es kul kul murah karena menggunakan bahan dasar coklat bubuk dapur biasa dan buah yang harganya murah. Jadi terserah kita maunya buat yang versi mana. Kalau aku sih suka semua, mau versi mahal ataupun murah enak semua.

Yuk kita buat sendiri es kul kul nya:
Pertama-tama kita siapkan buah atau umbi yang akan jadi bahan dasar es kul kul. Buah yang biasanya dijadikan bahan dasar es kul kul adalah buah pisang, pepaya dan nanas. Sedangkan umbi-umbian yang biasa digunakan adalah umbi ketela rambat dan bengkuang. Pada tulisan kali ini bahan dasarnya kita gunakan pisang ambon masak.

Kupas buah pisang masak yang sudah disiapkan. Pisang ambon kan biasanya panjang tuh, jadi bisa kita bagi 2 atau dipotong kecil-kecil. Tusuk pisang yang telah dipotong dengan lidi. Masukkan ke dalam freezer hingga membeku.

Sambil menunggu pisang membeku kita bisa menyiapkan coklat untuk kulit buah bekunya.

Nah, seperti sudah kita singgug di awal. Kita bisa menggunakan coklat batangan atau versi mahal dan menggunakan coklat bubuk alias versi murah.

Untuk Versi Coklat Batangan
Siapkan coklat batangan
Masukkan coklat ke dalam wadah tahan panas
Lelehkan coklat batangan dengan cara meletakkannya di atas didihan air
Tunggu sampai coklat meleleh dan angkat.

Versi Coklat Bubuk
Siapkan coklat, minyak goreng dan gula halus dengan perbandingan 1:1:1
Campur semua bahan

Sentuhan akhir
Celupkan buah beku ke dalam coklat yang sudah disiapkan dan tunggu sesuatu yang ajaib terjadi. Coklat akan membeku dengan cantik seperti foto guys, hmm..........Tinggal kita hias sesuai keinginan.

Hore.....es kul kul kita sudah jadi, siap santap. Cemilan enak nan bergizi. Enaknya nih cemilan dinikmati di siang hari

Kalau buat di rumah jangan lupa berbagi ya, sayang kalau makanan enak kalian itu hanya dinikmati sendiri :)

Salam hangat dari Pita Oranye.

Baca juga >> Resep Pisang Nugget


QuickEdit

You Might Also Like

19 comments:

  1. Enak dan mudah. Es selera rakyat banget. Suka suka suka. Jelas kalo Es Kul-Kul seperti ini lebih bersih dan bisa dinikmati kapan aja dan dimana aja. :D

    ReplyDelete
  2. Wah, nikmat dan segerrr ini tentunya. Tapi, kalau pisangnya umpama diganti melon gitu bisa ga ya, Mbak? Hehehe

    ReplyDelete
  3. Aku suka banget loh makan es kul-kul.. hihi
    beberapa tahun lalu aku juga pernah buat es kul-kul untuk di jual. anak-anak sampe dewasa pada suka dengan es kul-kul.

    ReplyDelete
  4. Es kesayangan zaman sekolah. Biasanya jajan es kul kul murah yang basicnya bengkuang, mbak. Sekali beli bisa 3 potong, soalnya enyaaak! :D

    ReplyDelete
  5. Kok jadi pengen bikin es kul kul loh abis lihat ini. Nyam nyaaamm. Ngebayangin lumernya cokelat berpadu dengan manis segernya pisang. :D

    ReplyDelete
  6. wah bikin ngiler es kulkulnya ini, enak banget kelihatannya

    ReplyDelete
  7. Ibuku juga sering buat es kulkul apalagi kalo sedang ada kumpul keluarga. Keponakan suka semua soalnya hehe

    ReplyDelete
  8. Aku suka es kul kul juga. Tapi ga suka yang pisang. Aku sukanya yang ubi. Ubi jalar itu yang biru-biru. Pas mantap.

    ReplyDelete
  9. es kul kul ini makanan favourite banget waktu esde mbak, hampir tiap hari beli di rumah tetangga yang jual.. hehe

    ReplyDelete
  10. Dulu waktu kecil doyan banget mah makan ini. Eh sekarang juga masih doyan hihii

    ReplyDelete
  11. Dulu rajin banget beli ini.. Padahal bikin nya mudah banget. dasar males sih.. wkwkkw suka yang pepaya...

    ReplyDelete
  12. Sekarang udah jarang yang jual es kul kul. Anak-anak sekarang pada tau jenis makanan ini nggak yaa.. Kalau nggak tau, sayang banget kan.. Kenikmatan dunia banget.. hehee

    ReplyDelete
  13. Dulu sering banget makan ini. Tapi yang lebih sering dijadikan es kul-kul itu pepaya sih.

    ReplyDelete
  14. Aku akuuuu. Dulu tapi, sekarang ga pernah lagi huhu

    ReplyDelete
  15. Es kul kul emng penomenal ya.. Di semua daerah ada..jf mupeeeng..hahah

    ReplyDelete
  16. Udah lama banget nih ga makan es kul kul, jadi rindu. Pengen bikin sendiri tapi males hehe,

    ReplyDelete
  17. Mulai SD sering makan es kulkul, abis pulang sekolah. But, sekarang sudah nggak pernah lagi. Rindu banget lah, #DuniaFaisol

    ReplyDelete
  18. loh aku baru tahu yah es kul kul hahaha jadinpengen cobain bikin sendiri 😁 kalau aku dlu familiarnya sama es kue gitu mba keknya ga ada yg jualan kul2 hehehe

    ReplyDelete
  19. Wah pas SD aku suka jajan ini, tapi lebih suka pepaya dan melon. Mau ah kapan-kapan bikin sendiri, makasih mbak resepnya :)

    ReplyDelete

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/pita.oranye) (twitter=https://mobile.twitter.com/ArlindaZefy) (instagram=https://www.instagram.com/zarlindazeze/)