Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Ini Dia Bahan Produk Bakery yang Harus Kita Ketahui


Ini Dia Bahan Produk Bakery yang Harus Kita Ketahui

Sudah tahu belum dengan yang namanya bakery? Hmmm....rasanya semua orang sudah kenal dengan “bakery”. Kalau pada era 80an produk ini memang belum ada di mana-mana, tapi kalau sekarang kita bisa menemukan yang namanya bakery di setiap sudut kota. Yup benar sekali, yang kita maksud dengan bakery di sini adalah roti, cake pastry, crakers, kue kering, dan biskuit.

Umumnya produk bakery itu dikenal sebagai bahan yang mengalami proses pemanasan dan pemaggangan yang mengakibatka perubahan dalam bentuk dan struktur. Kalau dipikir benar juga ya, kan kalau kita makan roti tawar bentuknya sudah tidak seperti tepung gandum lagi kan ya. Terus kalau makan cookies mentega dan telurnya sudah tidak kelihatan lagi, padahal jelas cookies mengandung mentega dan telur, hu um.

Oh iya, kalian tahu tidak kalau untuk mendapatkan bakery yang lezat diperlukan adonan dengan formula yang tepat? Ya tentu saja juga dipengaruhi oleh jenis bahan, jumlah bahan yang digunakan serta tahapan proses pembuatannya. Ok ok ok, untuk kali ini terlebih dahulu kita akan bahas tentang jenis bahan yang digunakan dalam dunia bakery.

1. Tepung
Ini Dia Bahan Produk Bakery yang Harus Kita Ketahui

Ini nih bahan utama dari dunia bakery, “tepung”. Dala dunia bakery tepung berfungsi sebagai pembentuk struktur, bayangkan kalau kita membuat roti tanpa tepung. Bentuknya pasti akan sedikit abstrak, hehe jadi senyum sendiri membayangkannya.

Umumnya yang kita ketahui adalah tepung terigu, tapi sebenarnya tepung bukan hanya tepung terigu lho. Ada berbagai bahan tepung lain seperti tepung jagung, tepung tapioka, tepung kedele, tepung umbi jalar, tepung beras, tepung ketela pohon, tepung umbi talas dan lain sebagainya tetapi yang paling sering digunakan memang tepung terigu (gandum).

2. Shortening
Ini Dia Bahan Produk Bakery yang Harus Kita Ketahui

Kenal kan dengan yang namanya shortening? Yup, benar. Itu adalah minyak dan lemak, sebuah komponen yang tidak bisa ditinggalkan dalam pembuatan produk bakery.

Jadi nih ya, shortening itu memisahkan serabut-serabut gluten yang membentuk jaringan 3 dimensi antara gluten dan partikel pati. Jaid mengapa kalau itu terjadi? Pemisahan serabut dan partikel pati itulah yang menyebabkan adonan roti halus remahnya.

3. Pemanis
Uye......mana suara penggemar manis? Iyup, dunia bakery akan sedikit hampa tanpa pemanis. Bayangkan kita menikmati donat tanpa rasa manis, tanpa taburan yang manis di atasnya. Tentu rasanya akan tidak seenak donat dengan pemanis.

Ini Dia Bahan Produk Bakery yang Harus Kita Ketahui


Oh iya, satu hal yang harus kita ketahui bersama bahwa pemanis itu bukan hanya untuk memaniskan makanan. Tetapi pemanis juga berfungsi untuk pengempuk dan berpengaruh terhadap proses fermentasi produk bakery.

4. Pewarna
Permen di atas cantik dan menarik ya? Iya kan iya dong. Permen di atas terlihat menarik karena kaya warna. Yup, kita memerlukan pewarna untuk membuat produk bakery kita lebih cantik dan menarik.

Ini Dia Bahan Produk Bakery yang Harus Kita Ketahui


Ada beragam jenis pewarna makanan yang ditawarkan di pasaran. Tetapi kalau bisa pilih yang alami ya, seperti penggunaan daun suji untuk warna hijau, buah strowberry untuk warna merah dan lainnya.

5. Garam
Garam ini digunakan dimana-mana, sebenarnya bukan hanya dunia bakery yang butuh, saat masak lauk kita juga butuh garam. Menurutku garam memperkuat rasa pada produk bakery. Selain itu garam dalam adonan akan memperkuat struktur gluten. Struktur gluten yang kuat akan menyebabkan adonan mempertahankan gas karbon dioksida dari fermentasi dan produk bakery akan mengembang dengan baik.

Ini Dia Bahan Produk Bakery yang Harus Kita Ketahui


6. Yeast (Ragi)
Ini nih salah satu bahan terkenal di dunia bakery, ragi! Ragi berfungsi dalam proses fermentasi adonan.

Ini Dia Bahan Produk Bakery yang Harus Kita Ketahui


7. Bahan pengembang
Penambahan pengembang pada roti akan membuat roti mengmbang cantik, asal jangan dikasi kebanyakan saja. Karena kalau kebanyakan ragi adonan kita akan menghasilkan roti rasa pahit hehheheee

Ini Dia Bahan Produk Bakery yang Harus Kita Ketahui


8. Telur
Penambahan telur pada adonan akan menambah rasa pada makanan, makanan akan terasa lebih enak. Selain itu makanan akan lebih rekat dan lembut. Oh iya, satu tambahan lagi, telur mengandung banyak sekali manfaat baik untuk tubuh kita jadi tidak salah untuk menambahkan telur ke adonan kita.

Ini Dia Bahan Produk Bakery yang Harus Kita Ketahui

9. Susu
Susu sering ditambahkan untuk menambah rasa dan gizi produk bakery. Cobalah untuk menambahkan susu bubuk pada adonan cookies kita, teksturnya akan berasa renyah.
Ini Dia Bahan Produk Bakery yang Harus Kita Ketahui

10. keju
Meski bukan berasal dari Indonesia keju sangat terkenal dan mudah ditemukan dimana-mana. Keju di dunia bakery sering dimasukkan ke dalam adonan untuk menambahkan rasa. Sering pula dijadikan bahan tambahan hiasan di atas produk bakery.

Ini Dia Bahan Produk Bakery yang Harus Kita Ketahui


11. Air
Meski kadang terlihat seolah-olah kita tak menambahkan air pada produk bakery, sesungguhnya air ada di dalamnya. Air terkandung pada susu dan telur. Bahkan tak jarang air memang dicampurkan langsung ke dalma adonan.
Ini Dia Bahan Produk Bakery yang Harus Kita Ketahui


12. Perisa dan Bumbu
Meski roti panggang sudah enak dari sononya tetapi terkadang kita memerlukan tambahan perisa atau bumbu. Perisa atau bumbu dalam dunia bakery berupa vanili, coklat, bubuk kayu manis, pala, jahe, cengkeh dan lain-lain.
Ini Dia Bahan Produk Bakery yang Harus Kita Ketahui

Iyes, sudah kita bahas secara umum, yuk buat produk bakery sendiri :)

Sumber foto: 1-5  lalu 7-12 pixabay.com dan 6 bogasari.com




QuickEdit

You Might Also Like

23 comments:

  1. Hmm,,, baru denger istilah shortening. trus, lebih bagus mana pake margarin atau mentega ya?

    ReplyDelete
  2. Kalau bahan sudah lengkap
    Bakery pasti lebig gurih dan empuk

    ReplyDelete
  3. sumpah, itu bahan banyak yang saya ga tahu, makan aja yang tahu, hihihi

    banyak juga ya, bahan kalo mau bikin bakery

    ReplyDelete
  4. Iyaa...
    Aku kalau bikin d'crepes pakai susu sama engga - kerasa banget bedanya.
    Jadi lebih empuk kalau ada.

    Tapi kan tujuan masak crepes biar kriyuk-kriyuk...jadi penambahan susu, aku coret dulu deh..
    Hiihi...lumayan hemat.

    ReplyDelete
  5. Aku jarang masak roti, pas lg pengen aja baru oke. Karena masak sederhana, paling terigu, telur, gula, shortening, pelembut, sama pewangi kaya panili. Pewarnanya suka2, kadang malah gak pakai

    ReplyDelete
  6. hampir semua produk bakery yang disebutkan diatas, aku tahu dan pernah coba mba. Soalnya emak dulu sering bikin pesanan roti di kampung, jadi sering bantuin hehe.. Paling senang itu ngicipin adonan tepung manis gitu,, dijilat aja udah enak hehehe

    ReplyDelete
  7. Bener banget, kalau buat bakery, formulanya harus pas. Kalau enggak, hasilnya gak maksimal. Kebanyakan terigu jadi keras, kurang mentega juga jadinya gak lembut ya. Perlu takaran yang pas.

    ReplyDelete
  8. Kalo aku ragi sering digunakan bukan untuk bikin kue, tapi untuk masker mbak hahaha

    ReplyDelete
  9. Hihi saya taunya tepung ama ragi aja dulu. Lupa kalau gula garam perlu juga. Klo ngga rasanya hambar yak

    ReplyDelete
  10. yang sering saya gunakan untuk bikin kue itu, tepung, gula, telur, mentega, garam, keju dan pengembang.
    kalau pewarna sangat jarang
    duh jadi pengin bikin cake nih gara gara baca ini

    ReplyDelete
  11. Hihi... masalah masak memasak mah aku angkat tangan, (kalo traveling ayook :p) banyak banget nama-nama bahan di atas aku ga tau mbak...

    ReplyDelete
  12. Pengen banget bisa baking dan bikin kue2. roti gtu. Baru tau kalau garam itu fungsinya memperkuat struktur gluten, kirain selama ini bikin supaya gak terlalu kerasa manis aja gtu hehe TFS

    ReplyDelete
  13. Ragi, pewarna dan pengembang sebaiknya jangan berlebihan dikonsumsi...hmmmm gula juga sih...

    Intinya..jangan sering mengkonsumsi beginian..ingetin kesehatan..berasa kalo udh tua..

    #bedafokus hahahah

    ReplyDelete
  14. Aku sering ngintipin temenku yang bakrey chef bikin kue. ikutan nyari nyari tahu bahan dan kegunaannya. keren banget nih buat yang mau lebih mendalamai pembuatan kue. Jadi kepengen buat roti dah hehehe

    ReplyDelete
  15. Mbak Zefy pengusaha bakery ya? Tahu betul bahan2 bakery dengan baik. Saya pernah buat kue yang dipanggang menggunakan panci, itu termasuk bakery juga gak ya? Bahan2nya sih kurang lebih sama dengan yang disebutkan di atas.

    ReplyDelete
  16. Wuahh saya malah baru tahu kalau bikin roti pakai garam juga mba.. soalnya biasa2 yg dipraktekon sih ga pakai. Gurih bisa didapat dari mentega.. hihi..

    Ternyata eh ternyata..

    Oiya untuk pewarna biasanya saya pake alami aja. Pandan untuk hijau, bubuk cokelat intuk cokelat bisa jug moca sedikit.. itu aja

    ReplyDelete
  17. Sedikit banyak sudah kenal dekat,, wajarlah sering diajarin bikin kue sama ortu hihi

    ReplyDelete
  18. Aku adalah aliran makan yang penting enak. Jadinya, aku sangat enggak suka makanan cantik dan harus dikasih warna biar keliatan cantik. Yang penting rasa. Kayanya post kita sama nih ngebahas ttg komposisi hazek

    ReplyDelete
  19. Di antara bahan2 diatas agak jarang make pewarna hehe, palingan pake bubuk coklat a gitu hehe

    ReplyDelete
  20. Bicara soal bakery kok aku jadi ingat konglomerat endonesah itu ya.. *gagal fokus
    Mbak zefy ini soal makanan ampon dah..sekarang harus mulai diet ya, biar debaynya gak kegedean

    ReplyDelete
  21. Aku kalau mau kue beli ajahhh hahaha

    ReplyDelete
  22. Buat bakery emg hrs byk praktek ya mbk. Aku dlu bkin bagus trs lama ga praktek jd jelek lg hasilnya.. hehe. Hrs byk latian dan rajin lg kyknya... hehe... nice info mbk Ze..

    ReplyDelete

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/pita.oranye) (twitter=https://mobile.twitter.com/ArlindaZefy) (instagram=https://www.instagram.com/zarlindazeze/)